Tips dan Trik Cara Melamar Kerja Lewat Email

Posted by Unknown Sabtu, 27 April 2013 1 komentar
Hallo sobat jumpa lagi dengan soery44blogspot.com, siang tadi ada teman yang bertanya " bagaimana cara membuat lamaran kerja lewat Email ?". Mungkin bayak juga sobat menayakan hal yang sama dengan teman saya tadi.
Mungkin informasi ini bisa sedikit membantu sobat yang memang belum pernah mencoba menggunakan email untuk melamar kerja, langsung aja cekidot...

Mengirimkan surat lamaran kerja lewat email sudah menjadi cara yang umum digunakan dewasa ini. Selain hemat karena tidak perlu membayar biaya perangko atau jasa titipan surat, menyampaikan surat lamaran lewat email juga praktis.

Bagaimana caranya?
Persiapkan surat lamaran dan kelengkapan berkas lamaran Anda, seperti Daftar riwayat hidup (Curriculum vitae), Pasphoto, Kartu identitas, photocopy Ijazah dan Daftar/Transkrip Nilai, Surat Referensi/Pengalaman Kerja, dan kelengkapan lain jika perlu.

Persiapkan akun email. Jika Anda belum punya, silahkan peroleh dari penyedia layanan email gratis seperti Google Mail (gmail) untuk contoh Gmail Anda bisa lihat disini soery44blogspot.com, Yahoo Mail (yahoo, rocketmail, ymail) dsb.


Buat softcopy berkas lamaran Anda. Untuk surat lamaran kerja dan CV, anda sudah otomatis punya softcopy bila Anda mengetiknya memakai komputer. Sedangkan untuk memperoleh softcopy kelengkapan berkas lamaran lainnya, Anda dapat menscan berkas-berkas tersebut sehingga Anda memperoleh softcopy dalam salah satu bentuk file image seperti .jpg, pdf, png, tiff, dsb.

Pahami persyaratan dan ketentuan dengan jelas

Tidak jarang terjadi, mereka yang baru pertama kali menggunakan email mengirimkan surat lamaran merasa gusar karena satu atau beberapa kesulitan, misalnya: Anda butuh waktu yang lama untuk melampirkan softcopy berkas lamaran Anda, apalagi dipersulit lagi  dengan koneksi internet yang lambat.

Oleh karena itu, penting untuk memahami isi lowongan kerja dengan jelas. Bacalah kembali, berkas apa saja yang mereka minta untuk Anda lengkapi. 

Mengingat proses melamar kerja lewat email sedikit ribet pada saat pertama kalinya karena Anda mungkin harus mempersiapkan segala kelengkapan berkas, maka kebanyakan perusahaan meminta Anda mengirimkan Surat lamaran dan Curriculum Vitae ditambah pasphoto diri atau menentukan batasan ukuran file maksimal dari sejumlah berkas yang mereka minta, misalnya tidak lebih dari 1 Mb. Tujuannya, agar mereka tidak menghabiskan banyak waktu mengunduh file berkas setiap lamaran yang masuk.

Namun, ada juga perusahaan yang tidak melakukan demikian. Jika ini Anda temui, maka Anda boleh mengirim berkas apa saja yang cukup mendukung surat lamaran Anda, tanpa perlu memboroskan waktu dan biaya.

Buatlah file Anda dalam ukuran yang optimal
Bila Anda menscan kelengkapan berkas lamaran seperti Ijazah, Transkrip Nilai, Referensi Kerja, dsb., maka perlu Anda perhatikan besar file setiap lembar dokumen yang dihasilkan. Satu lembar dokumen ukuran A4 dapat menghasilkan ukuran file yang bervariasi, misalnya 200 Kb sampai 2 Mb. Nah, Anda harus memperhitungkan Jika Anda tidak paham bagaimana cara membuatnya optimal, mintalah seseorang yang paham melakukannya. Ukuran file ini dapat diminimalkan dengan Adobe Photoshop, Microsoft Office Picture Manager. Namun tetap perhatikan bahwa file yang Anda minimalkan tersebut haruslah dapat dibaca dengan jelas, karena meminimalkan file dapat mengurangi kualitas image.

Jika hal di atas telah selesai, saatnya mengirimkan file.
Caranya: Masuk ke akun email Anda.
Berikut ini saya sertakan contoh jika Anda menggunakan akun gmail.
kita tujukan untuk HRD PT. SRI ( hanya sekedar contoh )

Setelah melampirkan file berupa attachment, Anda bisa langsung klik kirim untuk menyampaikan pesan lamaran tersebut.
Sobat soery44blogspot.com, dikarenakan disini saya memberi contoh lamaran ditujukan ke PT. Suryaraya Rubberindo Industries, maka sekalian saya informasikan profil perusahaan ini.
Silahkan di simak : 



PT. Suryaraya Rubberindo Industries ( Astra Group) – produsen ban sepeda motor berteknologi mutakhir dari Jepang dan Jerman, adalah supplier Federal Tire, ban orisinil sepeda motor Honda dan pioneer dalam menciptakan ban balap berperforma tinggi FDR Tire. Seluruh produk dirancang dan diproduksi sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan pengakuan internasional dengan sertifikasi sistem mutu ISO 9001: 2008. PT. Suryaraya Rubberindo Industries mengajak anda individu-individu muda dinamis yang siap berkembang,
Persyaratan: Pria Lulusan SMK/Sederajat (semua Jurusan) max 24 tahun

Untuk posisi lainnya :

1. PURCHASING (PCH-09) : S1 Teknik Mesin/Industri
2. ACCOUNTING ANALYST (ACC-09) : S1 Akuntansi
3. MARKETING (MKT-09) : S1 Semua jurusan
4. INFORMATION TECHNOLOGY ANALYST (IT-09) : S1 Teknik Informatika/Komputer
5. LEGAL ANALYST (LE1-09) : S1 Hukum
6. ENGINEERING (ENG-09) : S1 Teknik Mesin/Teknik Elektro
7. GENERAL AFFAIR OFFICER (GA-09) : S11 Semua jurusan
8. PARAMEDIS (PA-09) : D3 Keperawatan
9. ENVIRINMENT HEALTH SAFETY SECURITIES (EHSS-09) : D3 Kesmasy/Teknik Industri/Mesin/Elektro
10. LEGAL STAFF (LE2-09) : D3 Administrasi Negara

PERSYARATAN UMUM

1. IPK min 2.80
2. Mempunyai kesehatan mental dan fisik yang baik
3. Mampu mengoperasikan komputer
4. Bekerja keras dan mempunyai daya tahan stress
5. Mempunyai analisa berpikir yang baik
6. Mampu berkomunikasi dengan baik/berkelakuan baik
7. Mampu bekerja secara efektif baik individu maupun dalam tim dan bersedia ditempatkan di cileungsi, BOGOR

Kirimkan surat lamaran, CV, Fotocopy ijazah/transkrip akademik, foto 4×6 terbaru melalui ke :

fdrtire.hrd@sri-astra.com

dengan subject e-mail kode lamaran yang anda pilih.

Ok sobat semua mudah-mudahan info diatas bisa memberikan manfaat buat kita semua, salam sukses.



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips dan Trik Cara Melamar Kerja Lewat Email
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://soery44.blogspot.com/2013/04/tips-dan-trik-cara-melamar-kerja-lewat.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Utk masing2 dokumen yg di lampirkan, adakah kriteria khusus utk ukuran file yg mjd standar perusahaan?

Posting Komentar

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of LANGKAH DAN CARA MEMBUAT AKUN GMAIL.