CARA MEMBUAT BLOG GRATIS DENGAN MUDAH DAN CEPAT UNTUK PEMULA

Posted by Unknown Jumat, 12 April 2013 1 komentar
Hallo sobat, jumpa kembali dengan soery44.blogspot. Menyambung tutorial sebelumnya mengenai LANGKAH DAN CARA MEMBUAT AKUN GMAIL, maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi tips kepada anda bagaimana Cara Membuat Blog gratis dengan mudah dan cepat. Sebenarnya banyak sekali situs yang menyediakan blog gratisan tersebut, namun saya disini akan menjelaskan membuat blog dengan menggunakan layanan dari blogger atau blogspot. Blogger ini salah satu layanan blog gratisan yang terbesar dan paling banyak penggunanya.

Namun ada baiknya sebelum membahas mengenai bagaimana cara membuat blog, kita mengerti apa itu definisi atau pengertian blog.

DEFINISI BLOG

Blog adalah sebuah situs website yang memungkinkan penggunanya dapat menuliskan atau memposting berbagai hal sesuai dengan keinginannya dengan mudah, (tanpa harus memiliki pengetahuan html rumit) dan dapat dikomentari oleh pengunjungnya. Dengan urutan tulisan terbalik dimana tulisan terbaru berada di paling atas kemudian diikuti oleh tulisan lama di belakangnya. Pada awalnya blog hanya berisi sebuah catatan pribadi atau diari online pemiliknya, namun dewasa ini topik blog telah berkembang lebih luas sebagai ajang berbagi pengetahuan, seperti pendidikan, kesehatan, teknologi dan lain-lain. Bahkan blog juga telah digunakan untuk sebuah perusahaan sebagai media untuk lebih dekat dengan pelanggan dan mitra bisnisnya. (sumber, wikipedia.com blogger.com)

Sebenarnya membuat blog itu sangat mudah sekali seperti halnya membuat facebook maupun membuat email. Untuk mempersingkat waktu langsung saja untuk melihat tutorialnya di bawah ini.

CARA MEMBUAT BLOG

1. Untuk memulai mendaftar blog di blogspot silahkan kunjungi alamat situs  www.blogger.com, setelah itu cari tombol Sign up (daftar) yang ada di pojok kanan atas, seperti gambar di bawah ini


2. Selanjutnya pilih Opsi profil blogger sobat, jika hanya membuat blogger sebaiknya klik yg sebelah kanan. lalu klik lanjutkan ke blogger.


3.Sampai tahap ini sobat sudah sukses membuat akun blogspot, tahap selanjutnya silahkan lihat gambar dibawah ini untuk jelasnya. Mohon perhatikan baik baik tahap 1, 2, dan 3. Sebelum ada tulisan Alamat blog ini tersedia berarti nama blog yang ingin sobat buat sudah ada yang memiliki, silahkan ganti dengan nama lain, atau untuk mudahnya bisa tambahkan angka dibelakang alamat blognya, lihat contoh yang saya lingkari pada nomer 2 dibawah. setelah itu klik Buat blog.


4. Nah sekarang blog sobat sudah jadi, sobat bisa lihat keterangan dibawah ini, angka 1 adalah Judul blog yang sobat buat pada tahap sebelumnya, lalu angka 2 adalah mulai mengeposkan, alias untuk memulai membuat artikel.


5. Setelah sobat klik mulai mengeposkan, sekarang saatnya memulai karya sobat untuk membuat sebuah artikel... perhatikan baik baik langkah langkahnya dalam membuat sebuah artikel. Untuk jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Langkah-langkah cara membuat artikel di blogspot :

Angka 1 : merupakan judul artikel yang nanti akan diterbitkan, boleh apa saja. silahkan berekspresi melalui artikel sobat, narsis juga ga masalah karena disini sobat bebas menuangkan ide gila sekalipun, bukan gila beneran ya sob... :)

Angka 2 : merupakan isi dari artikel, silahkan mengarang bebas, mau curhat, kasih tips, trik, info, ide-ide cemerlang atau apa saja yang sobat ketahui, kalo artikelnya bermanfaat pasti banyak yang suka dengan blog yang sobat buat.

Angka 3 : merupakan Label, silahkan isi apa saja. contohnya seperti ini, misalnya judul artikel yang sobat buat adalah cara bikin Blog, nah label tersebut bisa di isi dengan BLOGGING, atau yang lainnya. kan ga nyambung seandainya label tsb di isi dengan info bisnis. :p

Angka 4 : Nah tahap ini adalah melihat dulu artikel sebelum diterbitkan, jika ada yang salah bisa dibenarkan terlebih dahulu sebelum artikel diterbitkan.

Angka 5 : Jika pada tahap 4 sobat sudah yakin, sekarang tinggal klik Publish (Terbitkan)



6. Gambar dibawah ini merupakan contoh artikel yang sudah berhasil diterbitkan. dan untuk melihat artikelnya silahkan klik lihat blog. selesai.... nah mudah bukan ?






7. Ok sobat Selamat Berkarya, sampai jumpa lagi dengan tutorial selanjutnya. Salam sukses.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: CARA MEMBUAT BLOG GRATIS DENGAN MUDAH DAN CEPAT UNTUK PEMULA
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://soery44.blogspot.com/2013/04/cara-membuat-blog-gratis-dengan-mudah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Makasih tutorialnya, Sangat bermanfaat untuk memastikan apa yang telah saya lakukan sudah benar. kebetulan baru buat blog.

Posting Komentar

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of LANGKAH DAN CARA MEMBUAT AKUN GMAIL.